Semarang –  Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melepas 28 mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar beserta 4 dosen pendamping (Fitria Fatichatul Hidayah, S.Si, M.Pd, Andari Puji Astuti, M.Pd, Venissa Dian Mawarsari, M.Pd dan Abdul Aziz, M.Pd) pada Senin, (22/03/2021) secara virtual. Program Kampus Mengajar merupakan program dari Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Program Kampus Mengajar sendiri merupakan solusi bagi sekolah yang terdampak pandemi dengan memberdayakan mahasiswa sebagai pengajar di Sekolah dasar (SD) selama pandemi Covid-19 ini berlangsung.

Sebanyak 28 mahasiswa Unimus tersebut terdiri dari 11 mahasiswa program studi S1 Pendidikan Matematika, 4 mahasiswa S1 Pendidikan Kimia, 1 mahasiswa S1 Statistika, 2 mahasiswa S1 Sastra Inggris, 9 mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris serta 1 mahasiswa dari S1 Teknik Mesin yang lolos seleksi “Program Kampus Mengajar Batch 1 Tahun 2021” Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Hadir untuk memberikan sambutan rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd. Pihaknya menyampaikan bahwa mahasiswa harus memiliki kemampuan mengajar di dunia pendidikan. “Mahasiwa yang berhak mengikuti Program Kampus Mengajar merupakan mahasiwa  pilihan karena harus mememenuhi persyaratan. Kalian nantinya bisa sharing dengan guru yang ada di sekolah. Mengingat era saat ini pendidikan dituntut untuk menerapkan pembelajaran tidak hanya akademik namun juga mengajarkan communication, critical thinking, collaboration, creativity serta leadership. Kenalkan nama Unimus sekaligus jaga nama baik Unimus sebagai almamater yang dicintai bersama. Jangan lupa tetap untuk selalu menjaga kesehatan dan terapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19, “ paparnya.

Sosialisasi MBKM

By admin