Semarang, 7 Mei 2021 || Fakultas Bahasa dan Budaya Asing mengadakan kuliah tamu untuk Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) dengan native dari swedia,. International Visiting Lecturer sharing experiences of English Teaching in Sweden  dengan Tema : “FBBA Abroad Session: Swedish-Indonesian Perspectives on Coping with the Pandemic” dengan Speaker: LINA SANDGREN (International English Teacher , SWEDEN).  

Lina mengatakan bahwa: “Dimasa pandemik adalah bukan berarti kita harus bermalas-mlasan, tetapi kita bisa melakukan yang terbaik dengan tetap memastikan bahwa Anda tetap sehat dan hidup sehingga Anda benar-benar dapat melakukan apa yang dimaksud. Tips yang disemapaikan beliau adalah bahwa kita harus membagi tugas besar kita kedalam tahapan secara lebih kecil dan terencana supaya lebih ringan dan mudah dalam melengkapi tugas tersebut.”

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Hari Jum’at, 7 Mei 2021 dengan menggunakan media Zoom Meeting yang berlangsung dari pukul 19.30 sd 21.30.  Kegiatan ini  Mengundang seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Bahasa dan Budaya Asing dari kedua Program Studi (Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan S1 Sastra Inggris).

Kegiatan kuliah praktisi ini merujuk pada visi Fakultas Bahasa dan Budaya Asing yakni menjadi penyelenggara pendidikan tinggi kebahasaan dan kesusastraan yang unggul, berkarakter, berbasis teknologi, dan berwawasan global pada tahun 2032. Selain itu juga mengimplementasikan tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang ketujuh yaitu menjalin dan mengembangkan kerjasama baik pada tingkat lokal, nasional, ataupun internasional guna menghasilkan lulusan yang kompetitif. Lebih jauh lagi juga menginterpretasikan tujuan Prodi Sastra Inggris yaitu menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak-pihak terkait dalam upaya peningkatan kualitas lulusan baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional.Dari implementasi dan interpretasi visi dan tujuan tersebut maka diharapkan Fakultas dan dua Prodi ini dapat mengembangkan jejaring yang lebih luas secara global.

Peserta yang hadir sejumlah 100 orang yang terdiri dari nara sumber, unsur pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa di Program Studi S1 Sastra Inggris dan S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Bahasa dan Budaya Asing Universitas Muhammadiyah Semarang.  

Tujuan dari kegiata ini adalah meningkatkan wawasan civitas akademika di lingkungan FBBA mengenai tantangan dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran ditingkat internasional. Meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam bertanya/ memulai diskusi dengan adanya kuliah tambahan selain kuliah yang didapatkan sehari-hari. Serta meningkatkan cara berpikir mahasiswa supaya dapat lebih berpikir kritis dan terbuka.

By admin