SEMARANG – Prodi S1 Sastra Inggris Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar acara Temu Alumni angkatan 1998-2017 di kampus Kedungmundu, Sabtu (24/9/2022).

Acara yang dibuka Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Muhimatul Ifadah MPd tersebut dihadiri Kaprodi S1 Sastra Inggris Dwi Heri Santoso MHum, Kepala UPT Pusat Pengembangan Karir atau UCDC (Unimus Career Development Center) Sukojo SS, para dosen Sastra Inggris dan alumni.

Dekan Muhimatul Ifadah dan Ketua panitia temu alumni Diana Hardiyanti MHum menyampaikan acara bertema
“Eratkan Silaturahmi untuk Pengembangan Diri dan Institusi” diikuti para alumni secara luring dan daring.

“Saat ini ada 141 alumni S1 Sastra Inggris tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Mereka-pun bekerja di beragam bidang pekerjaan di antaranya sebagai penulis, konten kreator, guru, jurnalistik, dunia perbankan. Kami berharap mereka membentuk wadah dan menjalin silaturahmi, saling tukar info lowongan pekerjaan dan manfaat lain. Kami juga berharap dibentuk pengurusan organisasi alumni yang bisa berkontribusi untuk prodi Sastra Inggris termasuk untuk keperluan akreditasi prodi” ujar Dekan.

Menurut Dekan, Prodi sudah membekali kompetensi mahasiswa dan harus maksimal membekali ilmu akademis. Tetapi juga memberi pengkayaan softskill mahasiswanya untuk mampu mengarungi kehidupan. Di sisi lain, alumni memberi bekal adik kelas akan pengetahuan akan pekerjaan terkini di dunia luar yang sangat cepat berubah.

Sementara Winda, alumni Sastra Inggris angkatan 2013 (lulus 2017) menyampaikan pentingnya jejaring Alumni dan selalu menjalin hubungan baik dengan almamaternya.

Dirinya yang bekerja di perusahaan internasional sebagai Customer Serbice Officer (CSO) dengan job melakukan komunikasi dengan buyer Amerika dan Eropa ini sangat terbantu dengan kompetensi materi kuliah.

Kemudian dirinya pindah ke perusahaan internasional yang lain dengan job melakukan negosiasi, Komunikasi, dan sejenisnya yang semuanya berbasis pada softskill yang diperoleh dari bangku kuliah.

By admin