Tingkatkan Kompetensi Jurnalistik Sastra Inggris Adakan Kunjungan ke Jawa Pos Radar Semarang

mahasiswa S1 sastra Inggris foto bersama dengan pimpinan redaksi Jawa Post Radar Semarang
mahasiswa S1 sastra Inggris foto bersama dengan pimpinan redaksi Jawa Post Radar Semarang

SEMARANG- Para mahasiswa Prodi Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melakukan kunjungan ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Semarang di Jalan Veteran Semarang, Kamis siang sampai sore (20/07/2017). Kunjungan mahasiswa semester II dan semester IV yang mengambil mata kuliah Jurnalistik tersebut dipimpin Dekan FBBA Yesika Maya Oktarani., SS., M.Hum didampingi dosen pengampu mata kuliah Jurnalistik Sugeng Irianto serta sejumlah dosen.

Pimpinan Redaksi JAwa Post dalam memberikan informasi pada Mahasiswa Unimus
Pimpinan Redaksi JAwa Post dalam memberikan informasi pada Mahasiswa Unimus

“Kunjungan ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Semarang sebagai penutup kuliah Jurnalistik”, ujar Sugeng Irianto dosen mata kuliah . “Tujuannya agar mahasiswa bisa lebih memperdalam ilmu jurnalistik dari praktisi media massa langsung, melengkapi pembelajaran di kelas kata kuliah Jurnalistik” tambah Sugeng. Mata kuliah Jurnalistik sudah diajarkan pada mahasiswa semester empat pada prodi Sastra Inggris sejak 3 tahun lalu. Sebelumnya kunjungan selama 2 kali dilakukan ke kantor redaksi dan percetakan Suara Merdeka di Jalan Kaligawe Semarang dan tahun ini ke Jawa Pos Radar Semarang.

Sementara itu Dekan FBBA Yesika Maya Oktarani SS MHum mengapresiasi dan memberi support kegiatan mahasiswa belajar dan mengunjungi kantor media massa sebagai pelengkap mata kuliah di kampus. Bahkan dirinya akan berupaya menindaklanjuti dengan kemungkinan kerja sama untuk salah satu tempat magang para mahasiswa Prodi Sastra Inggris Unimus.

Rombongan Unimus disambut sangat ramah oleh Pimpinan Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Bpk Arif Riyanto, Kepala TU yang juga menangani magang Ibu Yuni serta Ibu Tri Waluyoningsih. Banyak ilmu jurnalistik terkait keredaksian (tata kelola koran), iklan, manajemen koran sampai permagangan disampaikan dengan gamblang. Termasuk pula cara-cara agar koran tetap eksis dan berkembang di era digital seperti sekarang ini.

Banyak mahasiswa bertanya berbagai hal terkait tugas wartawan dan redaktur, iklan, persaingan dengan media Online, magang, manajemen koran dan lain-lain. Mahasiswa merasa tertarik dengan penjelasan Pimred dan beberapa di antaranya nantinya ingin mengajukan magang di kantor tersebut. Kunjungan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Prodi Sastra Inggris ke Radar Semarang dan sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.