Unimus-Balai Bahasa Jawa Tengah Helat Bengkel Sastra “Penciptaan Cerita Pendek Indonesia”

SEMARANG – Usai sudah kegiatan pelatihan penulisan cerita pendek yang digelar oleh Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bersama dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan yang diberi judul “Bengkel Sastra: Penciptaan Cerita Pendek Indonesia bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang secara teknis dilaksanakan selama  3 hari dari tanggal 16 hingga18  Mei 2017.

21-05-2017-unimus-bengkel2-768x576
Suasana “Bengkel”

Kegiatan dibuka secara resmi pada hari pertama dengan diawali sambutan  dari Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Drs Pardi MHum dan Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Unimus Yesika Maya Oktarani SS MHum.

Materi pertama kegiatan ini adalah orientasi literasi oleh Dr Djoko Setyo Hartono (Mantan Wakil Rektor III Unimus), dilanjutkan dengan materi oleh cerpenis ternama S. Prasetyo Utomo. Adapun pemateri ketiga dan terakhir adalahsastrawan yang sekaligus jurnalis senior Saroni Asikin dan Desi Ari Pressanti dari Balai Bahasa.

depositphotos_24970517-Green-bush-seamless-textureasas
Buku untuk Penulis Cerpen Terbaik yang diserahkan oleh Saroni Asikin

Tujuan utama dari diselenggarakannya Bengkel Sastra ini adalah untuk budaya literasi dari pada mahasiswa, khususnya para peserta yang sejumlah 40 orang dari berbagai fakultas di Unimus.

Produk akhir dari kegiatan ini adalah sebuah naskah cerpen yang ditulis oleh masing-masing peserta, yang telah direvisi  berdasarkan catatan-catatan dari para ahli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.