Dalam perjalanan melayani Pendidikan bagi Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Semarang memiliki komitmen yang sangat tinggi untuk memenuhi standar mutu yang telah di tentukan oleh Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Untuk memenuhi standar tersebut tentunya harus melalui tahapan Akreditasi Pergurunn Tinggi dimana merupakan kegiatan penilaian yang sangat krusial sekaligus sebagai sarana dalam rangka untuk meningkatkan mutu dibidang Akademik maupun Non akademik dan sekaligus untuk menentukan kelayakan sebuah Perguruan Tinggi.

Sehingga untuk memenuhi standar tersebut dan mengevakuasi kinerja pelayanan Pendidikan Akademik, maka Universitas Muhammadiyah Semarang melaksanakan kegiatan Akreditasi Perguruan Tinggi, Asesmen lapangan secara Daring bertempat di Aula lantai 7 gedung Fakultas Kedokteran yang dilaksanakan selama dua hari yakni Rabu – Kamis (13-14/10/2021), dengan menghadirkan asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu Dr. Ir. H. Suhanan, DEA. (dari Universitas Gadjah Mada), Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D (dari Universitas Negeri Medan), Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si (dari Universitas Hasanuddin), Dr. Eka Ananta Sidharta, SE., MM., AK., CA (dari Universitas Negeri Malang). Turut hadir dalam kegiatan Akreditasi tersebut Badan Pembina Harian (BPH), Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd), Wakil Rektor I (Dr. Budi Santosa, M.Si.Med) Wakil Rektor II (Dr. Hardiwinoto. M.Si) Wakil Rektor III (Dr. Ir. Syamsudi Rahardjo, MM.MT), Kepala Biro, Kepala Lembaga, Dekan, Kepala Program Studi, seluruh Tim Task Force serta segenap Pimpinan di lingkungan Unimus.

Membuka kegiatan, Rektor Prof. Masrukhi menyampaikan “ingin terus meningkatkan layanan kualitas akademik yaitu salah satu cara yang ditempuh melalui proses Akreditasi Perguruan Tinggi walaupun dengan keadaan yang serba terbatas dimasa Pandemi Covid – 19 yang masih belum usai. Prof. Masrukhi juga menyampaikan terimakasih kepada para asesor dan mohon bimbingan, kritik dan saran dalam memberikan penilaian pada proses Akreditasi yang sedang berjalan. Berharap dengan dokumen – dokumen yang sudah disiapkan bisa menunjang kelancaran Akreditasi dan bisa memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan bersama menuju Unimus Unggul.

Selain itu didalam sambutannya disebutkan pula rencana kedepan setelah terselenggaranya Akreditasi Perguruan tinggi tersebut, Unimus akan membuka 15 Program Studi baru yang terdiri dari 2 Program Pasca Sarjana dan 13 Program Sarjana atau S1. Pembukaan Program Studi baru tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dikalangan masyarakat di wilayah Pulau Jawa pada umumnya dan khususnya di provinsi Jawa Tenga, dengan tetap memberikan skala prioritas utama pada kualitas kegiatan akademik dan Pendidikan.

Sebelum menjalani visitasi, sesuai tahapan akreditasi Perguruan Tinggi, dokumen perguruan tinggi terlebih dahulu diverifikasi guna pemenuhan persyaratan awal oleh tim Asesor BAN-PT. Kemudian dilanjutkan dengan asesmen kecukupan dan asesmen lapangan. Sebelum asesmen lapangan dilakukan, Rektor memaparkan sekilas mengenai profil Unimus mulai dari Visi, Misi, Tenaga Pengajar, Sarana Prasarana, Gedung Perkuliahan, Pembanguan dan Master Plan Unimus. Setelah itu kegiatan berlanjut dengan verifikasi data oleh para asesor terkait kesesuaian borang yang dikirim dengan data dan bukti fisik yang ada di lapangan. Sembari verifikasi data para asesor memberikan pertanyaan berkaitan dengan kelengkapan data kepada para pimpinan Lembaga dan Biro terkait.

Usai verifikasi data dan dokumen kemudian dilanjutkan dengan  tanya jawab kepada Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, Alumni dan Steakholder terkait setelah itu dilanjutkan visit lapangan untuk melihat sarana prasarana yang ada di lingkungan Unimus dan  , akan tetapi untuk saat ini kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui siaran langsung dengan menggunakan aplikasi Zoom. Meskipun dengan adanya keterbatasan tersebut berharap dari Asesmen lapangan yang sudah di laksanakan bisa memberikan hasil yang maksimal menuju kampus yang unggul.

By admin