Kurikulum

       Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

                 Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visiprogram studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

                 Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yangdapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kompetensi Utama Lulusan

  1. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara aktif dengan menjunjung tinggi nilai-nilai islami.
  2. Mampu mengapresiasi karya sastra Inggris, Amerika, dan Australia.
  3. Mampu menulis dan menciptakan karya sastra berbahasa Inggris yang bernuansa islami dan berbasis ICT.
  4. Mampu menerjemahkan dan mengintepretasikan teks lisan/tulis berbahasa Inggris-Indonesia maupun Indonesia-Inggris yang berterima dan dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Mampu melakukan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang diselaraskan dengan isu-isu terkini tentang bahasa dan sastra Inggris.
  6. Mampu beradaptasi di dalam kehidupan bermasyarakat melalui pemikiran yang kritis dan solutif terhadap permasalahan-permasalahan yang terkait dengan bidang bahasa, budaya dan sastra Inggris

Kompetensi Pendukung

  1. Mampu menerapkan nilai-nilai agama Islam dan budaya kemuhammadiyahan di dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Mampu memanfaatkan ICT dalam bidang keahlian yang ditekuninya.
  3. Mampu berkomunikasi dengan publik (mass communication) melalui media elektronik.
  4. Mampu mengelola kegiatan yang berkaitan dengan sastra Inggris.
  5. Mampu menerapkan nilai-nilai budaya lokal dan budaya nasional di dalam kehidupan bermasyarakat.

Kompetensi Lainnya

  1. Mampu mengembangkan diri untuk mempelajari dan menggunakan bahasa asing selain bahasa Inggris sebagai bahasa yang diperlukan dalam dunia kerja.
  2. Mampu mengembangkan wirausaha di bidang production house berbahasa Inggris.
  3. Mampu memberikan ceramah keagamaan dengan menggunakan bahasa Inggris.