Category Archives: Uncategorized

Survei Pemahaman Visi, Misi, dan Tujuan Prodi Sastra Inggris

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi S1 Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang yang telah disahkan, perlu disosialisasikan dan dipahami secara baik khususnya oleh Civitas Akademika (Dosen dan Mahasiswa), serta Tenaga Kependidikan (Tendik). Untuk mengukur tingkat pemahaman tersebut, dilakukanlah survei ini.

Metode survei yang dilakukan berbentuk kuesioner online dengan memanfaatkan aplikasi Google Forms. Secara teknis, untuk mempermudah responden mengisi kuesioner, kami menempelkan kuesioner tersebut langsung pada kiriman ini.

Responden dapat langsung mengisi kuesioner yang ada di bawah ini. Akhir kata, selamat mengisi. Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sastra Inggris dan PBI Unimus Gelar Acara “Discussion On Islam, Diversity, and Peace” Hadirkan Relawan Dari Portugal, Jepang, Dan Italia.

Semarang | Membahas mengenai kerelawanan, ada salah satu organisasi yang dapat mewadahi aktivitas sosial tersebut. Adalah Gerakan Kerelawanan Internasional (GREAT) merupakan organisasi non-pemerintah yang menjembatani kegiatan kerelawanan internasional di Indonesia. GREAT pertama kali didirikan di Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 23 Agustus 2015 lalu.

 

Relawan Alice Bisio (Italia) saat memaparkan cerita terkait kegiatan sosialnya

 

Sesuai dengan namanya yang mengandung kata internasional, GREAT mewadahi para relawan asing yang ingin berkontribusi untuk memberikan bantuan sosial kepada anak dan pemuda di seluruh Indonesia. Selain itu, GREAT juga bekerja sama dengan lembaga/organisasi lokal/nasional maupun internasional dalam mewujudkan pelaksanaan program mereka. Menariknya, kegiatan kerelawanan tidak hanya dilakukan di Indonesia, bentuk kegiatan lainnya juga dilakukan dalam lingkup internasional. Demikian yang disampaikan oleh Dian, selaku Ketua dari GREAT saat mengadakan kunjungan di Universitas Muhammadiyah Semarang (24/07/2018). “Jadi, jika kalian tertarik menjadi relawan, tidak menutup kemungkinan untuk kalian beramal di luar negeri bersama GREAT,” imbuhnya.

 

 

 

GREAT sendiri beranggotakan para relawan yang percaya bahwa melalui gerakan ini mereka bisa membantu anak-anak dan pemuda Indonesia tanpa pengecualian dan diskriminasi. Bantuan yang diberikan berupa akses pendidikan, pengalaman, ilmu terapan, dan lain-lain. Dalam kegiatan visiting tersebut, hadirkan empat relawan internasional yaitu Catarina Sousa (Portugal), Shiori Goto (Jepang), Alice Bisio (Italia) dan Martina Mozzati (Italia). Hadir mewakili Unimus, Yesika Maya Ocktarani, S.S., M.Hum. selaku Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) beserta jajaran dosen dan mahasiswa. Adapun hal yang dibahas terkait masalah keberagaman budaya dan agama islam.

 

 

 

FBBA Sukses Gelar 2nd English Language and Literature International Conference

Pembicara dan peserta Konferensi Internasional ELLiC bersama Dekan FBBA dan Ketua Panitia

Semarang │(06/05/2018) Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang menyelenggarakan acara Konferensi Internasional 2nd English Language and Literature International Conference (ELLiC) dengan tema “Education 4.0: Trend and Future Perspektives in English Language Education, Linguistics, Literature and Translation”. Di hadiri oleh 185 participants dari 7 negara (Indonesia, Singapore, Thailand, Vietnam, Myanmar, Amerika, Philipina dan Swedia) ELLiC di gelar di gedung NRC Unimus pada Sabtu, 05 Mei 2018 dari pukul 07.30 sampai 17.45. Second ELLiC menghadirkan plenary speaker Prof. Dr. Djamaludin Darwis, MA (Rektor ke 4 Unimus), Prof. Thomas Charles Koch (Indiana Amerika) dan Asst. Prof. Angkana Tongpoon Patanasorn, Ph.D (Thailand). Hadir sebagai keynote speaker adalah Dr. Willy A.Renandya, Ph.D dari Nanyang University Singapore.

Acara dibuka oleh Dekan FBBA Unimus (Yesika Maya Oktarani., M.Hum). Dekan FBBA mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapakan dapat menstimulasi pendidik Bahasa Inggris untuk lebih percaya diri bahwa pendidik adalah agen perubahan sehingga tidak hanya menyampaikan pengetahuan tapi sekaligus dapat memberikan motivasi dan inspirasi pada peserta didik.

Prof. Thomas Charles Koch dari Indiana Amerika menyampaikan materinya

Prof. Jamaludin Darwis sebagai pemateri pertama memaparkan perlunya mempelajari bahasa asing lewat perspektif psiko-sosio-religius lewat penggalian ayat-ayat dan surat dalam kitab suci Quran yang di dalamnya banyak tertuang persoalan belajar iptek dan belajar ilmu bahasa. Asst. Prof. Angkana Tongpoon Patanasorn, PhD sebagai pemapar berikutnya menyampaikan metode konstruksi dan applikasi Vocabulary List. Sementara itu Prof. Thomas memaparkan perlunya Extensive reading dalam pembelajaran bahasa Inggris dan Willy A Renandya selaku keynote speaker menyampaikan perlunya Indonesia segera memiliki standar profience pengajar bahasa Inggris yang bisa berlaku secara global seperti CEFR (Common European Framework of Reference). “Indonesia dalam soal ini sangat ketinggalan dibanding negara Asean lainnya yang kebanyakan sudah memiliki standar kemampuan pengajar bahasa asing seperti Singapura, Malaysia, Thailand. Indonesia awal tahun 2018 ini mulai mewacanakan dan membahas perlunya ada standard kemampuan bahasa Inggris bagi para pengajar bahasa asing” papar Willy

Dr. Willy A.Renandya, Ph.D dari Nanyang University Singapore memaparkan materi

Acara konferensi internasional ini berlangsung sukses dan lancar. “Kegiatan konferensi Internasional diikuti rangkaian Semarang City Tour bagi peserta dari luar negeri dan luar Semarang dengan tujuan untuk mengenalkan pariwisata dan budaya lokal. Terselenggaranya acara konferensi internasional ini diharapkan menjadi acuan bagi civitas akademika Unimus untuk menyelenggarakan kegiatan yang serupa dan menjadi motivasi bagi dosen dan mahasiswa untuk lebih aktif dan kreatif” papar Dr. Dodi Mulyadi selaku ketua Panitia. Konferensi Internasional ELLIC merupakan wujud internalisasi upaya Unimus untuk menjadi Universitas bermutu unggul yang mendunia.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

Unimus Peringkat 5 PTS Peraih Hibah PKM 5 Bidang Terbanyak Se-Indonesia

23 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang lolos seleksi untuk didanai Kemenristekdikti pada tahun 2018 ini. Dengan jumlah ini, Unimus berhasil menduduki peringkat 5 (lima) teratas di antara seluruh perguruan tinggi swasta lainnya se Indonesia dalam capaian jumlah ini.

Berikut ini adalah daftar institusi peringkat teratas peraih hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2018 secara rinci:

WhatsApp Image 2018-04-05 at 6.40.26 PM

 

Tingkatkan Kompetensi Jurnalistik Sastra Inggris Adakan Kunjungan ke Jawa Pos Radar Semarang

mahasiswa S1 sastra Inggris foto bersama dengan pimpinan redaksi Jawa Post Radar Semarang
mahasiswa S1 sastra Inggris foto bersama dengan pimpinan redaksi Jawa Post Radar Semarang

SEMARANG- Para mahasiswa Prodi Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melakukan kunjungan ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Semarang di Jalan Veteran Semarang, Kamis siang sampai sore (20/07/2017). Kunjungan mahasiswa semester II dan semester IV yang mengambil mata kuliah Jurnalistik tersebut dipimpin Dekan FBBA Yesika Maya Oktarani., SS., M.Hum didampingi dosen pengampu mata kuliah Jurnalistik Sugeng Irianto serta sejumlah dosen.

Pimpinan Redaksi JAwa Post dalam memberikan informasi pada Mahasiswa Unimus
Pimpinan Redaksi JAwa Post dalam memberikan informasi pada Mahasiswa Unimus

“Kunjungan ke kantor redaksi Jawa Pos Radar Semarang sebagai penutup kuliah Jurnalistik”, ujar Sugeng Irianto dosen mata kuliah . “Tujuannya agar mahasiswa bisa lebih memperdalam ilmu jurnalistik dari praktisi media massa langsung, melengkapi pembelajaran di kelas kata kuliah Jurnalistik” tambah Sugeng. Mata kuliah Jurnalistik sudah diajarkan pada mahasiswa semester empat pada prodi Sastra Inggris sejak 3 tahun lalu. Sebelumnya kunjungan selama 2 kali dilakukan ke kantor redaksi dan percetakan Suara Merdeka di Jalan Kaligawe Semarang dan tahun ini ke Jawa Pos Radar Semarang.

Sementara itu Dekan FBBA Yesika Maya Oktarani SS MHum mengapresiasi dan memberi support kegiatan mahasiswa belajar dan mengunjungi kantor media massa sebagai pelengkap mata kuliah di kampus. Bahkan dirinya akan berupaya menindaklanjuti dengan kemungkinan kerja sama untuk salah satu tempat magang para mahasiswa Prodi Sastra Inggris Unimus.

Rombongan Unimus disambut sangat ramah oleh Pimpinan Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Bpk Arif Riyanto, Kepala TU yang juga menangani magang Ibu Yuni serta Ibu Tri Waluyoningsih. Banyak ilmu jurnalistik terkait keredaksian (tata kelola koran), iklan, manajemen koran sampai permagangan disampaikan dengan gamblang. Termasuk pula cara-cara agar koran tetap eksis dan berkembang di era digital seperti sekarang ini.

Banyak mahasiswa bertanya berbagai hal terkait tugas wartawan dan redaktur, iklan, persaingan dengan media Online, magang, manajemen koran dan lain-lain. Mahasiswa merasa tertarik dengan penjelasan Pimred dan beberapa di antaranya nantinya ingin mengajukan magang di kantor tersebut. Kunjungan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari Prodi Sastra Inggris ke Radar Semarang dan sebaliknya.

Kamis, 10 November 2016, Kegiatan Ujian praktik (Borobudur Trip) diikuti oleh 29 mahasiswa Sastra Inggris (semester 1,3,7) dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (semester 7). Kegiatan ini juga didampingi oleh Yesika Maya Ocktarani dan R. Pandhu Setyabrata  sebagai tim dosen pengampu mata kuliah Interpreting dan English for Tourism. Selain dosen pengampu yang menjadi penilai ujian, kegiatan ini juga dihadiri oleh Sinung Setyowati dan Aris Widianto dari pengurus DPD HPI Jawa Tengah sebagai tim penilai. Sehingga ada 4 juri penilai dalam ujian praktik ini. Kegiatan ini merupakan ujian praktik lapangan yang mana dijadwalkan sebagai Ujian Tengah Semester. Kegiatan dimulai pukul 06.00 WIB, semua peserta berkumpul di Kampus IV UNIMUS kemudian berangkat menuju ke Candi Borobudur, Magelang. Dalam perjalanan, mahasiswa semester 7 melakukan praktik sebagai pemandu wisata. Satu per-satu mahasiswa semester 7 melakukan praktik layaknya pemandu wisata professional. Dalam memandu, mahasiswa menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Selain itu antusias para peserta yang saling berinteraksi membuat suasana perjalanan semakin seru. Sesampai tiba di Candi Borobudur pukul 10.00 WIB, mahasiswa semester 1 dan 3 melakukan ujian praktik Speaking dengan dosen pengampu, Yesika Maya Ocktarani. Mahasiswa diminta untuk mewawancarai wisatawan asing mengenai general question kenapa wisatawan asing suka tinggal di Indonesia. Sehingga mahasiswa bisa mempraktikan secara langsung kemampuan berbicara Bahasa Inggris dengan native speaker. Sementara, mahasiswa semester 7 , melakukan observasi Candi Borobudur dengan Pak Jamal yaitu pemandu wisata Candi Borobudur. Selain memandu, Pak Jamal juga memberikan tips-tips menjadi pemandu wisata yang professional. Setelah semua tugas sudah selesai, peserta mencari oleh-oleh yang ada di Pasar Borobudur. Kemudian peserta kembali bus lalu makan siang dan sholat di Rumah Makan Lumayan, Magelang.

WhatsApp-Image-2016-11-16-at-9.24.37-AM-577x1024 WhatsApp-Image-2016-11-16-at-9.24.33-AM-577x1024 WhatsApp-Image-2016-11-16-at-9.24.31-AM-577x1024 WhatsApp-Image-2016-11-16-at-9.24.28-AM-577x1024

Setelah makan siang, peserta menuju ke Rumah Ketela yang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur. Di Rumah Ketela, mahasiswa mendapatkan ilmu pengetahuan dari pemilik Rumah Ketela yatu Ida Sutomo, mengenai manfaat umbi-umbian (singkong, garut, ubi jalar, ganyong, dll). Mahasiswa diajarkan bagaimana membuat eggroll mocaf, yang mana bahan-bahan tersebut terbuat dari umbi-umbian organik tanpa bahan pengawet sehingga menyehatkan tubuh tanpa efek samping. Selain itu, mahasiswa bisa mencicipi berbagai macam snack dari umbi-umbian yaitu brownis ketela, tiwul, eggroll mocaf, cassava stick dll.  Setelah kunjunga ini mahasiswa diharapkan juga bisa bereperan aktif dalam menyelamatkan makanan tradisional yang ada di Indonesia dengan cara melestarikan makanan-makanan tradisonal. Peserta juga membeli berbagai macam oleh-oleh dari Rumah Ketela yang mana semua makanan terbuat dari bahan baku umbi-umbian.

WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.44-PM-1024x768 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.44-PM-1024x768 (1) WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.40-PM-1024x768 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.38-PM-1024x768 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.33-PM-1024x577

Setelah puas berkunjung ke Rumah Ketela, sekitar pukul 17.00 WIB peserta kembali ke dalam bus dan melanjutkan perjalanan pulang ke Semarang. Dalam perjalanan tim penilai memberi doorprize. R. Pandhu  memberikan doorprize kepada mahasiswa yang ulangtahun pada Bulan Novermeber, yaitu Reza Noviana Cahyani. Selain itu, ada doorprize untuk 3 mahasiswa terbaik dalam melakukan praktik menjadi pemandu wisata  yang diberikan oleh tim penilai. Juara 1 yaitu Ziad Iqbal Ramadhan mendapatkan tiket menginap di hotel Astron Magelang. Juara 2 yaitu, Sri Winda Utami mendapatkan Buku Panduan Wisata Blora. Juara 3 yaitu Banjar Putri Kumala mendapat Buku Panduan Wisata Candi Prambanan. Peserta lain juga tak kalah untuk mendapatkan doorprize, mahasiswa lainnya juga berebut menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim penilai sehingga mereka mendapatkan doorprize.

WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.28-PM-1024x577 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.25-PM-1024x577 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.48.52-PM-768x1024 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.48.45-PM-1024x768 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.48.42-PM-1024x577 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.47.26-PM-576x1024

Pada pukul 20.00 WIB pserta sampai di Kampus IV UNIMUS.  Terlaksananya kegiatan ini karena besarnya antusias para peserta, dukungan dari prodi Sastra Iggris dan Pemdidikan Bahasa Inggris, dan dikoordinir oleh ketua panitia yaitu Adip Rohadi. Semoga kegiatan ini bisa menambah wawasan mahasiswa dalam dunia kepariwisatan dan meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara Bahasa Inggris. (10/11/16, winda)

UJIAN PRAKTIK (BOROBUDUR TRIP)

Kamis, 10 November 2016, Kegiatan Ujian praktik (Borobudur Trip) diikuti oleh 29 mahasiswa Sastra Inggris (semester 1,3,7) dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (semester 7). Kegiatan ini juga didampingi oleh Yesika Maya Ocktarani dan R. Pandhu Setyabrata  sebagai tim dosen pengampu mata kuliah Interpreting dan English for Tourism. Selain dosen pengampu yang menjadi penilai ujian, kegiatan ini juga dihadiri oleh Sinung Setyowati dan Aris Widianto dari pengurus DPD HPI Jawa Tengah sebagai tim penilai. Sehingga ada 4 juri penilai dalam ujian praktik ini. Kegiatan ini merupakan ujian praktik lapangan yang mana dijadwalkan sebagai Ujian Tengah Semester.

WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.40-PM-1024x768WhatsApp-Image-2016-11-16-at-9.24.28-AM-577x1024 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.44-PM-1024x768 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.44-PM-1024x768 (1) WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.38-PM-1024x768 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.33-PM-1024x577 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.53.28-PM-1024x577 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.48.45-PM-1024x768 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.48.42-PM-1024x577 WhatsApp-Image-2016-11-15-at-5.47.26-PM-576x1024

Kegiatan dimulai pukul 06.00 WIB, semua peserta berkumpul di Kampus IV UNIMUS kemudian berangkat menuju ke Candi Borobudur, Magelang. Dalam perjalanan, mahasiswa semester 7 melakukan praktik sebagai pemandu wisata. Satu per-satu mahasiswa semester 7 melakukan praktik layaknya pemandu wisata professional. Dalam memandu, mahasiswa menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Selain itu antusias para peserta yang saling berinteraksi membuat suasana perjalanan semakin seru. Sesampai tiba di Candi Borobudur pukul 10.00 WIB, mahasiswa semester 1 dan 3 melakukan ujian praktik Speaking dengan dosen pengampu, Yesika Maya Ocktarani. Mahasiswa diminta untuk mewawancarai wisatawan asing mengenai general question kenapa wisatawan asing suka tinggal di Indonesia. Sehingga mahasiswa bisa mempraktikan secara langsung kemampuan berbicara Bahasa Inggris dengan native speaker. Sementara, mahasiswa semester 7 , melakukan observasi Candi Borobudur dengan Pak Jamal yaitu pemandu wisata Candi Borobudur. Selain memandu, Pak Jamal juga memberikan tips-tips menjadi pemandu wisata yang professional. Setelah semua tugas sudah selesai, peserta mencari oleh-oleh yang ada di Pasar Borobudur. Kemudian peserta kembali bus lalu makan siang dan sholat di Rumah Makan Lumayan, Magelang.

Setelah makan siang, peserta menuju ke Rumah Ketela yang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur. Di Rumah Ketela, mahasiswa mendapatkan ilmu pengetahuan dari pemilik Rumah Ketela yatu Ida Sutomo, mengenai manfaat umbi-umbian (singkong, garut, ubi jalar, ganyong, dll). Mahasiswa diajarkan bagaimana membuat eggroll mocaf, yang mana bahan-bahan tersebut terbuat dari umbi-umbian organik tanpa bahan pengawet sehingga menyehatkan tubuh tanpa efek samping. Selain itu, mahasiswa bisa mencicipi berbagai macam snack dari umbi-umbian yaitu brownis ketela, tiwul, eggroll mocaf, cassava stick dll.  Setelah kunjunga ini mahasiswa diharapkan juga bisa bereperan aktif dalam menyelamatkan makanan tradisional yang ada di Indonesia dengan cara melestarikan makanan-makanan tradisonal. Peserta juga membeli berbagai macam oleh-oleh dari Rumah Ketela yang mana semua makanan terbuat dari bahan baku umbi-umbian.

Setelah puas berkunjung ke Rumah Ketela, sekitar pukul 17.00 WIB peserta kembali ke dalam bus dan melanjutkan perjalanan pulang ke Semarang. Dalam perjalanan tim penilai memberi doorprize. R. Pandhu  memberikan doorprize kepada mahasiswa yang ulangtahun pada Bulan Novermeber, yaitu Reza Noviana Cahyani. Selain itu, ada doorprize untuk 3 mahasiswa terbaik dalam melakukan praktik menjadi pemandu wisata  yang diberikan oleh tim penilai. Juara 1 yaitu Ziad Iqbal Ramadhan mendapatkan tiket menginap di hotel Astron Magelang. Juara 2 yaitu, Sri Winda Utami mendapatkan Buku Panduan Wisata Blora. Juara 3 yaitu Banjar Putri Kumala mendapat Buku Panduan Wisata Candi Prambanan. Peserta lain juga tak kalah untuk mendapatkan doorprize, mahasiswa lainnya juga berebut menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim penilai sehingga mereka mendapatkan doorprize. Pada pukul 20.00 WIB pserta sampai di Kampus IV UNIMUS.  Terlaksananya kegiatan ini karena besarnya antusias para peserta, dukungan dari prodi Sastra Iggris dan Pemdidikan Bahasa Inggris, dan dikoordinir oleh ketua panitia yaitu Adip Rohadi. Semoga kegiatan ini bisa menambah wawasan mahasiswa dalam dunia kepariwisatan dan meningkatkan kepercayaan diri dalam berbicara Bahasa Inggris. (10/11/16, winda)